Wisata Bukit Sari Sangeh Bercengkerama Dengan Monyet

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Bali tanpa mampir menggunakan ratusan simpanse ekor panjang di Sangeh. Berlokasi pada pinggir jalan dari arah Abiansemal ke arah Petang, di kabupaten Badung, 25 km sebelah utara Denpasar, Hutan Bukit Sari Sangeh adalah hutan pala berumur ratusan tahun. Sangeh berasal menurut istilah "sang" berarti manusia serta "ngeh" berarti melihat, karena syahdan berdasarkan hikayatnya, pepohonan pala tadi sedang pada bepergian kudus berdasarkan Gunung Agung ke arah barat namun lantaran dipergoki mata manusia maka bepergian tersebut terhenti di Sangeh.
Kini pepohonan pala tadi menyebar sekitar 10 hektar luasnya dan menjadi tempat tinggal bagi sekitar 500 kera macaca fuscicularis. Di tengah hutan terdapat beberapa pura yang dibangun sang keraton Mengwi pada abad ke 17 menggunakan Pura Bukit Sari sebagai pusatnya. Para simpanse ini dianggap sebagai jelmaan prajurit Hanoman yang menjaga Pura Bukit Sari. Oleh karenanya tidak ada rakyat sekitar yang berani mengganggu kehidupan mereka. Jika dulu monyet Sangeh dikenal galak maka saat ini justru sebaliknya simpanse Sangeh menjadi lebih jinak. Monyek berbulu kelabu tadi nir takut dalam manusia bahkan gemar mendekat buat ikut selfie foto dan meminta makanan. Monyet pada Sangeh ini terhitung paling jinak dibandingkan yg berada pada Uluwatu serta Monkey Forest, Ubud.

Para wisatawan hanya perlu menundukkan badan dan kera-simpanse akan menggunakan lincah loncat ke bahu anda minta digendong. Jika ingin melepaskan gendongan, maka anda hanya perlu mencondongkan tubuh ke bawah maka mereka akan melompat turun.


Objek Wisata Bukit Sari Sangeh buka setiap hari dalam pukul 07.30-17.00 WITA serta dapat diakses antara 30 mnt hingga 1 jam perjalanan berdasarkan Denpasar. Sangeh adalah hutan alami dan sejinak apapun simpanse disana, simpanse tetaplah binatang liar sebagai akibatnya para pengunjung wajib permanen berhati-hati. Pengunjung disarankan masuk ke area hutan bersama petugas dan membeli kacang di pintu gerbang. Petugas akan memberi mereka makan sebagai akibatnya dapat diajak foto bersama. Barang yg berkilau misalnya kacamata hitam serta HP bisa memancing monyet untuk berusaha mengambilnya. Hati hati pula menggunakan dompet anda.


Siapapun sanggup berkunjung ke Hutan Bukit Sari, Sangeh kecuali wanita yg sedang haid dan mereka yg sedang berkabung.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI