Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi

Setelah beberapa kali tidak menulis mengenai materi geografi, maka kali ini saya akan pulang ke kodrat saya
buat mencoba menaruh sedikit penerangan tentang aspek geografi. Materi mengenai aspek geografi ini tak jarang keluar pada Ujian Nasional geografi serta acapkali membingungkan anak didik. Geografi dalam dasarnya adalah suatu ilmu yg mempelajari kenampakan di permukaan bumi dengan memakai pendekatan keruangan. Menurut aku dan beberapa pengajar di Kalimantan Selatan khususnya, geografi termasuk pelajaran paling sulit (aku lebih senang menyebut paling menantang)dalam rumpun IPS. Memang sifatnya yg multidisplin serta integrated science membuat geografi begitu luas pemahamannya. Baca jua: Memahami 3 pendekatan geografi pada soal UN
Bintarto membagi lingkungan geografi sebagai 2 yaitu lingkungan fisikal yg terdiri menurut aspek topologi, aspek non biotik dan aspek biotik dan lingkungan non fisikal yg terdiri menurut aspek sosial, aspek ekonomi, aspek budaya serta aspek politik. Berikut pembagian detail.
Baca jua:
Kumpulan rumus hitung bab peta kelas XII
Posisi strategis Indonesia pada dunia
Perkembangan kota-kota akbar di Indonesia
Pengertian tanah serta huma itu tidak selaras lho!
Karakter erupsi gunung api di Indonesia
LINGKUNGAN FISIKAL
1. Aspek topologi, mencakup segala hal mengenai letak suatu wilayah, luas wilayah, bentuk wilayah dan batas-batas wilayah tadi. Dengan memakai peta maka pemahaman mengenai topologi daerah akan gampang dipahami.
2. Aspek non biotik, mencakup segala hal yg berkaitan dengan benda mati misalnya tanah, air, cuaca dan iklim. Dalam suatu wilayah faktor-faktor tadi membuat setiap wilayah mempunyai kenampakan dan variabel yg berbeda-beda. Misalnya daerah Indonesia beriklim tropis sedangkan daerah Inggris beriklim subtropis.
3. Aspek biotik, meliputi segala hal yg berkaitan dengan benda hayati yaitu manusia, fauna serta tumbuhan. Dalam geografi ketiga mahluk tersebut dipelajari dari sisi penyebaran dan keterkaitannya dalam merubah susunan keruangan bagian atas bumi.
LINGKUNGAN NON FISIKAL
1. Aspek sosial, meliputi segala hal yg melekat pada kehidupan insan misalnya tradisi, adat, kelompok dan warga . 
2. Aspek ekonomi, meliputi hal yang berkaitan dengan industri, perdagangan, perkebunan, ekspor-impor, transportasi, pasar dan lainnya. Dalam geografi aspek ekonomi berperan pada menciptakan suatu teori-teori keruangan seperti kutub pertumbuhan, teori titik henti serta lainnya.
3. Aspek budaya, meliputi segala yang mencakup pendidikan, agama, bahasa, kesenian dan lainnya. 
4. Aspek politik, mencakup hal yang berkaitan dengan pemerintahan dan kebijakan daerah. 

Itulah lingkungan aspek geografi yang tentunya sangat luas tentunya mengakibatkan geografi sebagai ilmu pengetahuan yang unik dan menantang. Baca jua: Ciri daerah sub urban fringe yg unik

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru