BentukBentuk Gunung Api

Gunung api merupakan bentukan alam yg terbentuk karena kegiatan magma yg keluar berdasarkan perut bumi. Di bumi ini masih ada beranekaragam bentuk gunung barah. Berikut ini beberapa bentuk api yang terdapat pada muka bumi:

Baca jua:
1. Stratovolcano
Gunung barah ini berbentuk seperti kerucut. Puncak gunung barah ini semakin usang meningkat karena endapan erupsi lava serta bahan piroklastik dari kaldera gunung. Pembentukan stratovolcano ini terjadi pada zona subduksi. Di Indonesia gunung api strato paling banyak dijumpai. Contoh gunung api ini adalah Gunung Merapi, Gunung Tangkubanperahu, Gunung Semeru.
2. Cinder Volcano
Gunung api ini memiliki karakteristik lubang kepundannya yg berbentuk seperti corong/kubah menggunakan kemiringan lereng yang curam. Gunung barah ini mempunyai letusan yg sangat akbar berjenis stromboli. Contoh gunung barah yang bertipe ini adalah Gunung Vesuvius di Italia. 

3. Shield Volcano
Gunung api ini berbentuk misalnya perisai atau tameng. Bentuk gunung api ini nisbi datar dan landai karena jenis lava yg dierupsikan merupakan lava cair bersifat basalt. Shield volcano poly terbentuk pada zona hot spot di tengah lautan. Contoh gunung api ini adalah Gunung Maona Loa di Hawai.


4. Maar Volcano

Gunung api ini terbentuk menurut erupsi eksplosif serta dikendalikan oleh dapur magma yang dangkal. Ketinggian gunung api ini rendah serta pasca letusan umumnya akan terbentuk danau yg dasarnya relatif kedap air. Contoh Maar Volcano merupakan Eichholz Maar.

5. Caldera

Adalah gunung api yg terbentuk lantaran runtuhan puncak gunung api sebelumnya. Kaldera adalah kawah gunung barah yang sangat luas dan pada dalam kompleks kawah tersebut seringkali ada gunung barah baru seperti Kaldera Bromo dan Yellowstone.

6. Supervolcano
Supervolcano mempunyai ciri dapur magma yg sangat luas yg terbentuk selama ribuan tahun sebelum akhirnya meledak. Supervolcano lebih sulit diidentifikasi di permukaan bumi karena letaknya yang sanggup dimana saja. Supervolcano dapat meledak dengan sangat dahsyat serta sanggup mengakibatkan perubahan cuaca serta iklim makro di bumi. Hingga saat ini kira-kira terdapat 40 supervolcano yang terdapat pada bumi.

diolah menurut banyak sekali sumber

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru