Cara Menghindari mata Perih saat Memotong bawang Merah

Apakah anda tak jarang mengeluarkan air mata waktu memotong bawang merah. Memang bawang merah mampu membuat mata pering sehingga mengeluarkan air mata. Ada senyawa dalam bawang merah yg menciptakan mata menjadi perih.
Perlu kita memahami, saat kita mengiris bawang, senyawa yang masih ada di dalam bawang merah akan bereaksi dengan suatu enzim eksklusif sebagai akibatnya membuat asam sulfenat. Lantaran asam sulfenat bersifat nir stabil, hal ini akan mendorong senyawa lain yakni propanetiol S-oksida menguap lebih cepat serta gampang. Uap berdasarkan propanetiol S-oksida inilah yg nantinya akan menciptakan mata pedih hingga seseorang menangis.

Lantas, bagaimana agar ketika memotong bawang merah mata tidak pedih serta nir menangis? Sebenarnya terdapat cara simpel serta mudah agar tidak menangis saat memotong bawang. Berikut adalah cara tadi. Simak baik-baik serta semoga berguna.
1. Memotong Bawang Merah di Dekat Kipas Angin
Usahakan buat mengupas atau memotong bawang merah di tempat yg memiliki angin relatif kencang. Angin yg kencang akan menciptakan senyawa penyebab mata pedih menggunakan mudah terbang dan menjauh menurut diri Anda. Anda bisa memotong bawang merah di samping atau bawah kipas angin yg menyala.
2. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet mampu menjadi cara gampang supaya tidak menangis waktu mengupas serta memotong bawang merah. Dengan mengunyah permen karet inilah, otot paras serta mata akan berkecimpung dengan baik. Saat otot wajah berkecimpung, hal ini akan mencegah mata pedih. Mengunyah juga akan menciptakan Anda lebih cepat menghirup uap bawang sebelum dia sampai ke mata Anda.
3. Meletakkan Garam di Dekat Anda
Meletakkan garam di dekat Anda saat memotong bawang merah juga sebagai cara gampang agar nir menangis. Hal ini terjadi lantaran garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata Anda.
4. Dinginkan Bawang Merah
Agar bawang merah nir membuat mata pedih, pastikan buat merendamnya dengan air es atau memasukkan bawang merah ke pada lemari pendingin. Saat bawang merah dikupas dan dipotong dalam keadaan dingin, hal ini akan membuatnya tidak lagi pedih di mata.
Well, itulah beberapa cara simpel serta mudah agar tidak menangis ketika memotong bawang. Selain cara di atas, terdapat alternatif yakni menggigit korek api saat memotong bawang merah, memotong bagian atas bawang terlebih dahulu, membiarkan akar bawang permanen utuh ketika dipotong dan menempatkan cuka atau air asam pada atas talenan yg dipakai menjadi loka memotong bawang. Semoga berita ini berguna dan selamat mencoba cara di atas ya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru