Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2018 Essay Terbaru

Soal soal geografi kelas 10 semester 1 bersama jawabannya buat anak didik SMA/MA/Sederajat bagian yang pertama, berisikan materi tentang "Pengetahuan Dasar Geografi", misalnya ruang lingkup geografi, konsep essesial geografi, objek studi geografi, prinsip geografi, pendekatan geografi, dan aspek geografi.
Berikut, model soal essay geografi kelas X Semester 1 bersama jawaban kurikulum 2018 (K13).
1. Contoh lingkungan fisik merupakan....
Jawaban: tanah, air, dan iklim
2. Varenius membagi geografi  menjadi 2, yaitu....
Jawaban: geografi generik serta geografi khusus
3. Menurut genre fisis determinis, kehidupan manusia dipengaruhi sang....
Jawaban: alam
4. Konsep esensial geografi yg berkaitan menggunakan bentuk muka bumi merupakan....
Jawaban: konsep morfologi
5. Pendekatan keruangan menganalisis gejala atau kenyataan geografi berdasarkan....
Jawaban: persebarannya pada ruang
6. Fenomena atmosfer, hidrosfer, serta biosfer termasuk dalam objek kajian geografi, yaitu....
Jawaban: objek material
7. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut....
Jawaban: kartografi
8. Prinsip geografi yg menyatakan hubungan antara gejala geografi yg satu dengan gejala geografi yg lain di muka bumi adalah prinsip....
Jawaban: interrelasi
9. Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu istilah....
Jawaban: geo serta graphien, yang ialah tulisan tentang bumi
10. Cabang geografi yg memeriksa suatu daerah tertentu secara khusus adalah....
Jawaban: geografi regional
11. Jelaskan pengertian konsep aglomerasi dan berikan contoh bentuk aglomerasi yg terdapat pada perkotaan!
Jawaban: Konsep aglomerasi menjelaskan mengapa suatu kenyataan geografi cenderung mengelompok. Contohnya, penduduk pada perkotaan cenderung tinggal secara mengelompok pada tingkat sosial yg homogen, misalnya permukiman elit atau mewah, permukiman spesifik pedagang, kompleks perumahan pegawai negeri, atau permukiman kumuh.
12. Berikan contoh kajian geografi dengan memakai pendekatan keruangan, pendekatan ekologi, serta pendekatan kompleks wilayah!
Jawaban:
a. Contoh kajian geografi dengan memakai pendekatan keruangan:
Pada ekspresi dominan hujan, Jakarta mengalami bencana banjir. Hal ini dikarenakan tidak terdapat tanah yg bisa dijadikan tempat peresepan air, lahan dipakai untuk pemukiman, tempat kerja, dan jalan. Selain itu, penduduknya membuang sampah di saluran air.
b. Contoh kajian geografi yg menggunakan pendekatan ekologi
Daerah Jakarta banjir karena hutan pada daerah Boor/zenit sudah rusak dampak penggundulan hutan.
c. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan kompleks wilayah
Untuk mengatasi banjir pada Jakarta, Pemerintah Daerah DKI Jakarta bekerja sama menggunakan Pemerintah Daerah daerah sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) buat memperbaiki DAS dan menggalakkan penghijauan.
13. Jelaskan yg dimaksud menggunakan geosfer! Berikan model gejala maupun kenyataan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan menggunakan geosfer!
Jawaban: geosfer adalah lingkup kajian geografi yang terdiri atas komponen utama, yaitu atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, serta antroposfer, dengan menekankan antroposfer menjadi makhluk yang paling berperan dalam biosfer. Contohnya, dalam mempelajari masalah banjir, geografi tidak hanya melihat luas genangan, kedalaman, dan pengaruhnya terhadap kehidupan insan; tetapi pula dikaji bagaimana latar belakang timbulnya banjir, bagaimana penggunaan lahan di daerah hulu, penggarapan huma, kemiringan lerengnya, intensitas hujan serta faktor sosial budaya penduduk pada daerah hulu sungai misalnya jumlah serta kepadatan penduduk, pemilikan lahan, cara penggarapan huma, tingkat pendidikan, pendapatan, serta norma-kebiasaan lainnya dalam memanfaatkan lingkungan. Kemudian juga ditinjau bagaimana peranan wilayah hilir sebagai wilayah limpasan air seperti lebar serta kedalaman sungai, pengunaan lahan, serta faktor sosial budaya ekonomi penduduknya di sekitar sungai.
14. Sebutkan serta jelaskan empat prinsip geografi!
Jawaban:
a. Prinsip persebaran
Geografi menganut prinsip persebaran lantaran adanya persebaran fenomena geografi, baik yang menyangkut kondisi fisik juga sosial yg nir merata di muka bumi ini.
b. Prinsip interrelasi
Prinsip interrelasi menyatakan bahwa masih ada hubungan antara tanda-tanda geografi yang satu dengan gejala geografi yg lain di muka bumi, seperti interaksi antara tanda-tanda fisik dengan gejala fisik, antara gejala fisik dengan gejala sosial, dan atara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda sosial.
c. Prinsip deskripsi
Prinsip pelukisan adalah cara pemaparan output pengkajian studi geografi terhadap tanda-tanda, fenomena atau kasus yang terdapat, yg dipakai buat mengungkapkan ciri gejala geografi yg dipelajari interaksi antargejala, dan distribusi keruangannya.
d. Prinsip korologi
prinsip korologi menganut keterpaduan antara ketiga prinsip sebelumnya, yaitu dengan menyelidiki persebaran, interrelasi, dan pelukisan suatu wilayah.
15. Jelaskan ilmu geografi memerlukan ilmu penunjang lainnya!
Jawaban: pada mempelajari ilmu geografi diperlukan donasi ilmu-ilmu lain, tujuannya supaya menerima output yg aporisma.
Lanjut ke soal nomor 16-30 => Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2018 (Essay) ~ Part-2

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI