Contoh Soal USBN Sejarah SMA dan Kunci Jawabannya Part5 Terbaru

Bila contoh soal USBN Sejarah Sekolah Menengah Atas bagian pertama sampai USBN Sejarah bagian ke-4 (soal angka 31-40), berbentuk pilihan ganda/PG, maka buat bagian ke-5 berbentuk essay/uraian.
41. Pengalaman yg dimiliki sang suatu warga di masa lampau merupakan pengalaman yg bernilai sejarah serta berharga bagi bangsa tersebut dalam masa sekarang. Sebutkan dan uraikan 2 berdasarkan 4 kegunaan memeriksa sejarah!
Jawaban: Terdapat 4 kegunaan Sejarah.
1. Edukatif, sejarah memiliki keguanaan sebagai pembelajaran bagi insan supaya kehidupan lebih baik dimasa yang akan datang.
2. Rekreatif, yaitu kegunaan sejarah menjadi sarana estetika dan hiburan bagi insan.
3. Inspiratif, yaitu kegunaan sejarah sebagai sesuatu yg menaruh wangsit bagi kehidupan insan.
4. Instruktif, yaitu sebagai alat bantu pada proses pembelajaran. Pada hal ini ejarah bisa berperan pada upaya penyampaian pengetahuan dan keterampilan dalam subyek belajar.

42. Penjajahan yg dilakukan oleh bangsa Barat (Eropa) memunculkan reaksi perlawanan menurut bangsa Indonesia. Bandingkan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah sebelum Abad XX serta sesudah Abad XXI!
Jawaban:
Tabel perbandingan taktik perjuangan Bangsa Indonesia sebelum abad ke 20 serta pada abad ke 20.


No
Strategi Perjuangan Sebelum abad ke 20
No
Strategi Perjuangan Setelah abad ke 20
1.
Perjungan lebih bersifat kedaerahan
1.
Perjuangan sudah bersifat atau berskala nasional
2
Perjuangan masih menggunakan perang secara fisik.
2
Perjungan dilakukan melalui organisasi-organisasi terkini.
3
Lebih mengandalkan pemimpin, sehingga saat pemimpin ditangkap sang Kolonial Belanda maka perjuangan terhenti atau mengalami penurunan.
3
Tidak terlalu mengandalkan pemimpin (nir pemimpin sentris) dan terdapat regenerasi kepeminpinan
4
Sangat gampang buat diadu domba
4
Tidak gampang buat diadu domba

43. Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dinamika sejarah bangsa Indonesia menjadi meningkat. Bandingkan perkembangan politik dalam masa Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin!
Jawaban:
Tabel perbandingan Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
No
Perkembangan Politik Demokrasi Liberal
No
Perkembangan Politik Demokrasi Terpimpin
1.
Keputusan di penguasaan sang individu atau perwakilan yg bersifat parlementer
1.
Segala keputusan didominasi oleh pemimpin negara
2
Ruang mobilitas partai politik sangat terbatas
2
Partai politik poly berperan dalam pemerintahan.
3
Sering terjadi pergantian kabinet.
3
Kabinet cenderung stabil.
4
Parlemen mempunyai kiprah yg sangat kuat
4
Parlemen tidak mempunyai peranan yang kuat

44. Agenda primer yang dibahas Pada sidang pertama PPKI pada lepas 18 Agustus 1945 merupakan pemilihan Presiden dan wapres. Berdasarkan usul menurut Otto Iskandardinata maka anggota PPKI menyepakati secara aklamasi Soekarno serta Mohammad Hatta menjadi Presiden dan wapres. Simpulkan dan maknai peristiwa di atas bagi kehidupan masa sekarang!
Jawaban:
Pada saat lembaga PPKI malakukan sidang pertama menggunakan rencana pengangkatan presiden dan wakil Presiden. Otto Iskandardinata yg sebagai galat satu anggota PPKI membicarakan usul agar Soekarno serta Hatta bisa dipilih dan diangkat menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Usul tadi lalu disepakati secara aklamasi sang anggota PPKI yg lain. Pada hal ini dapat disimpulkan bahwa anggota PPKI lebih mementingkan kepetingan Bangsa dan Negara pada atas kepentingan individu dan grup.  Apa yg ditunjukkan sang oleh anggota PPKI patut buat dikedepankan pada masa sekarang sampai Indonesia bisa terhindar menurut perseteruan horizontal juga vertikal dampak kepentingan politik langsung serta gerombolan .
45. Pidato pengunduran diri Soeharto menandai berakhirnya kekuasaan Orde Baru yg hampir mencapai saat 32 tahun. Analisis dan simpulkan faktor penyebab berakhirnya kekuasaan Orde Baru!
Jawaban:
Faktor berakhirnya kekuasaan Orde Baru yg sudah berkuasa selama hampir 32 tahun tidak ditimbulkan oleh faktor tunggal, melainkan banyak faktor yang mengakibatkan mundurnya Presiden Soeharto. Beberapa faktor yg yang secara dominan menyebabkan berkahirnya Orde Baru diantaranya; faktor krisis moneter, krisis ekonomi, krisis pada bidang aturan, krisis bidang politik, krisis pada bidang kehidupan sosial. Artinya faktor penyebab berakhirnya Orba adalah akibat krisis multidimensional.
Baca juga: Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2018 dan Kunci Jawabannya

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI