Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2018 dan Kunci Jawabannya Terbaru

Sebelumnya, admin sudah mem-publish soal USBN Sejarah SMA KTSP, dimana soal-soal sejarah yang terdapat di goresan pena tersebut diambil menurut soal paket primer (paket satu). Dan untuk tulisan yg kini sedang Anda baca, soal diambil dari paket utama jua, namun menggunakan materi soal yg tidak selaras. Lantaran memang soal-soal USBN yg admin publish, mengacu pada kurikulum 2018 (K13).
Ada kurang lebih 45 butir soal (40 PG + lima Essay) USBN Sekolah Menengah Atas Sejarah yg bisa Anda jadikan referensi belajar, sebelum menghadapi USBN sejarah di tahun ini.
Oke, berikut contoh soal bersama jawabannya.
1. Secara etimologi kata Sejarah berasal dari Bahasa Arab Syajaratun yang berarti pohon. Adapun pengertian sejarah secara isitilah dijelaskan dalam pernyataan berikut adalah, kecuali ... .
A. Ilmu yang mempelajari insiden-insiden pada masa lampau
B. Sejumlah perubahan/peristiwa serta insiden-peristiwa di kurang lebih kita
C. Kisah-kisah dalam masa lampau yg tidak terkait menggunakan kehidupan masa kini
D. Peristiwa – peristiwa yang terjadi pada masa lampau pada kehidupan manusia
E. Catatan-catatan tentang insiden masa lampau yg disusun menurut peninggalan- peninggalannya
Jawaban: D
2. Berdasarkan tingkat penyampaiannya, sumber sejarah dibagi menjadi asal utama, sekunder serta tersier. Adapun asal utama merupakan…
A. Warta yang diperoleh dari prantara
B. Liputan yang dituturkan oleh pihak ketiga
C. Kabar yang diperoleh berdasarkan pelaku atau saksi sejarah
D. Informasi yg diperoleh dari sumber rekaman
E. Kabar yang diperoleh dari benda sejarah
Jawaban: C
3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis merupakan….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E
4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan aneka macam aspek seperti sosial, ekonomi, serta politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. Sinkronik
B. Kausalitas
C. Monokausalitas
D. Kronologis
E. Periodisasi
Jawaban: A
5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari data diatas yang termasuk contoh sejarah menjadi insiden ditunjukan pada angka   ….
A. 1, 2, 3
B. 2, tiga, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. Dua, tiga, 5
Jawaban: D
6. Sejarah  sebagai sebuah konsep dievaluasi sebagai ilmu pengetahuan lantaran bersifat realitas, yang berarti ....
A. Disusun dari perenungan yg mendalam
B. Memiliki target serta obyek insan pada sudut pandang waktu
C. Disusun berdasarkan pengalaman atau peninggalan
D. Mempunyai kaidah eksklusif yg bersifat ilmiah
E. Sejarahwan menyatukan diri menggunakan obyek yang ditelitinya
Jawaban: B
7. Tahap akhir dalam penelitian sejarah dilakukan oleh seseorang peneliti merupakan menuangkan daya pikir kritis dan analisis ke pada suatu penulisan yg utuh. Tahap ini diklaim ….
A. Interpretasi
B. Verifikasi
C. Pengolahan
D. Historiografi
E. Analisis
Jawaban: D                                                                                                     
8.

Gambar di atas adalah orang-orang yg asal dari suku bangsa Dayak serta Toraja, yang adalah keturunan suku bangsa Proto Melayu.  Pernyataan di bawah ini yg bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. Datang menurut Cina bagian selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. Berkebudayaan batu muda (Neolitikum)
C. Berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. Mendiami daerah Indonesia bagian Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. Output Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B
9. 











Gambar diatas merupakan output – hasil kebudayaan peninggalan insan pra-aksara dalam masa ….
A. Berburu dan mengumpulkan makanan
B. Beternak serta bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E
10. Berdasarkan Teori Brahmana, perluasan budaya India dilakukan dengan cara ….
A. Kolonisasi sang orang – orang India pada Indonesia
B. Perkawinan antara golongan Brahmana serta orang Indonesia
C. Melakukan hubungan dagang antara orang Indonesia menggunakan India
D. Penyerbuan sang Kerajaan India ke Kerajaan Indonesia
E. Mengundang golongan Brahmana untuk melegitimasi penguasa
Jawaban: A
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sejarah Sekolah Menengah Atas Kurikulum 2018 serta Kunci Jawabannya ~ Part-2

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

ADZAN IQOMAH DAN DOA SESUDAH ADZAN TERBARU

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru