Inilah 36 Definisi Geografi Menurut Ahli

Geografi itu apa sih? Inilah 36 definisi geografi berdasarkan berbagai ahli.
Seminar dan lokakarya yang dilaksanakan pada Jurusan Geografi, FKIP, IKIP Semarang kerjasama menggunakan IGI tahun 1988: Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengusut perbedaan serta persamaan kenyataan geosfer menggunakan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan pada konteks keruangan.
Depdikbud. 1989, menyatakan bahwa:Geografi adalah suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, hewan, serta output yang diperoleh dari bumi.
Wikipedia :Geografi merupakan ilmu tentang lokasi serta variasi keruangan atas kenyataan fisik dan insan di atas bagian atas bumi.
Kosa istilah bahasa Indonesia: Geografi berarti ilmu pengetahuan yg mengusut lukisan tentang bumi. 
UNESCO (1956) mendefinisikan geografi sebagai: 1. Satu agen sintesis; dua. Satu kajian perhubungan ruang; 3. Sains dalam penggunaan tanah.
Prof. Bintarto: Geografi menilik interaksi kausal tanda-tanda-gejala pada muka bumi dan peristiwa-insiden yg terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan acara, proses serta keberhasilan pembangunan.
I Made Sandy: Geografi adalah ilmu yg berusaha menemukan serta memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-disparitas yg ada pada ruang muka bumi.
Drs. N. Daldjoeni: Geografi yaitu uraian mengenai bumi dengan segenap isinya yakni insan ditambah menggunakan global fauna dan dunia tumbuh-tumbuhan
Setiyono, Herioso. 1996, menyatakan bahwa:Geografi adalah suatu ilmu yg mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.
Mustofa, Bisri. 2018, menyatakan bahwa:Geografi merupakan ilmu yg menguraikan tentang bagian atas bumi, iklim, penduduk, tumbuhan, faquna dan basil-basil yg diperoleh berdasarkan bumi.
Harstone tokoh geografi Amerika dalam kitab pengantar Filssafat geografi: Geografi merupakan sebuah ilmu yg menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti disparitas – perbedaan pada hal eksklusif, tetapi pula dalam arti kombinasi holistik fenomena pada setiap loka, yg berbeda menurut keadaanya pada loka lain.
Jhon alexander: Geografi merupakan disiplin ilmu yg menganalisis variasi keruangan dalam veriabel tempat-kawsandan hubungan antar variabel – variabel keruangan.
Lobeck 1939: Geografi adalah suatu studi tentang hubungan – interaksi yang ada antara kehidupan menggunakan lingkungan fisiknya.

Ferdinand von Richthoven 1833 – 1905: Geografi merupakan ilmu yang mengusut gejala dan sifat pemukaan bumi serta penduduknya, disusun berdasarkan letaknya, menunjukkan baik mengenai terdapatnya tanda-tanda – gejala dan sifat – sifat itu.
Claudius Ptolemous Abad ke – dua: Geografi dalah suatu penyajian menggunakan peta dan sebagian pemukaan bumi yg menampakan kenampakan generik yang terdapat padanya
Preston E James berpendapat bahwa, "Geografi bisa diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan" karena poly bidang ilmu pengetahuan selalu mulai berdasarkan keadaan muka bumi buat beralih pada studinya masing-masing.
Ullman (1954), "Geografi merupakan hubungan antar ruang".
Paul Claval (1976) beropini bahwa 'Geografi selalu ingin menyebutkan tanda-tanda tanda-tanda berdasarkan segi interaksi keruangan'.
Erastothenes : geografi berasal berdasarkan istilah geographica yg berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
Ellsworth Hunthington: memandang manusia sebagai figur yg pasif sebagai akibatnya hidupnya dipengaruhi sang alam sekitarnya.
John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian tentang kaitan antara insan dengan alam sekitarnya.
Ekblaw serta Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengusut bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yg kita konsumsi, sandang yg kita gunakan, rumah yang kita huni serta loka rekreasi yg kita nikmati
Preston E. James mengemukakan geografi berkaitan menggunakan sistem keruangan, ruang yg menempati permukaan bumi. Geografi selalu berkaitan menggunakan hubungan timbal kembali antara manusia serta habitatnyaØ
Maurice Le Lannou (1959 )mengemukakan bahwa objek study geografi merupakan gerombolan manusia serta organisasinya pada muka bumi.
Barlow : Geografi adalah ilmu yang memeriksa proses- proses yg herbi lingkungan dan gejala- tanda-tanda serta pola- pola terkait yang dibahas.
Ferdinand Von Richthoven (1833) Ilmu Bumi adalah ilmu yang mengusut gejala-gejala dan sifat bagian atas bumi, serta penduduknya disusun menurut letaknya dan masih ada berbarengan dan timbal pulang dari sifat-sifat dan tanda-tanda-gejala tersebut.Ø 
Carl Ritter: Semua tanda-tanda dan bentuk-bentuk alam dengan umat insan mengorganisasikannya dalam suatu kerangka dasar asosiasi geografi yang khas tentang tanah dan insan dalam bagian atas bumi.
M.yeates: Suatu Ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional menurut banyak sekali sifat (beraneka isu terkini) dipermukaan bumi.
P Hagget, R. Hartshorne, Geografi berkepentingan buat menaruh deskripsi yang teliti, beraturan serta rasional tentang sifat variabel pada bagian atas bumiØ
John F. Kelars & John D. Nystven, Geography as the study of man-environment system from the view point of spatial relationship and spatial processes. 
Tm L. McKnight Geography is a board and integerating disclipine that bring together important aspect of both physical and social sciences as well as on the humanities.
Robert A. Harper The study geography in term of location and spaces on the earth and they have made much use of quantitative methods and computer.
Jan O. M. Broek Geography is knowledge of land and people and their interrelations.
Vidal de la Blanche Geography in the science of places, concerned with qualities and potentialities of countries.
Frank Dabenham Geography is for everyone and that is full of interest at every stage and that it is practical subject.
Agnas Setiawan: Geografi adalah ilmu yang menilik karakteristik daerah pada permukaan bumi bersama faktor pembentuk daerah tersebut. Baca juga: Konsep Geografi

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI