Kesimpulan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Penjelasan Lengkap Terbaru

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka - Ideologi terbuka dapat didefinisikan menjadi etos bangsa selain mempunyai nilai dasar yang bersifat permanen, juga mampu berkembang secara bergerak maju. Adapun pengertian ideologi terbuka adalah sebagai berikut.
  1. Pandangan hidup bangsa yg memiliki nilai dasar yg bersifat tetap sepanjang zaman, misalnya dasar negara Pancasila
  2. Pandangan hayati bangsa yg sanggup berkembang secara dinamis, atau nilai fragmental yang dapat berubah, misalnya UUD 1945.
  3. Nilai praktis berupa pelaksanaan nyata menurut nilai fragmental, misalnya pemilihan generik.
Sebagai ideologi terbuka, Pancasila senantiasa bisa berinteraksi secara bergerak maju. Nilai-nilai Pancasila tidak boleh berubah, namun pelaksanaannya kita sesuaikan menggunakan kebutuhan dan tangan konkret yg kita hadapi pada setiap waktu.


Pancasila menjadi ideologi terbuka berarti nilai-nilai dasar yang merupakan hasil pemikiran terdalam warga Indonesia tentang apa yg baik dan apa yg buruk, benar serta galat pada kehidupan beserta guna mewujudkan kehidupan yg lebih baik dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan demikian secara ideal konseptual, Pancasila merupakan ideologi yang bertenaga, andal, kenyal, serta bermutu tinggi. Itulah sebabnya bangsa Indonesia meyakini Pancasila sebagai ideologi yang terbaik bagi bagi diri bangsa Indonesia sendiri.

Pancasila sebagai ideologi terbuka sangat memungkinkan mampu aneka macam problem yg dihadapi sang bangsa Indonesia lantaran selalu menyesuaikan menggunakan perkembangan masa yang terdapat.

Kedudukan Pancasila menjadi ideologi serta etos berfungsi sebagai pedoman pada menilai, menghadapi, dan mengatasi kasus. Pancasila sebagai ideologi berinteraksi menggunakan perkembangan yg terjadi dan dialami sang rakyat Indonesia khususnya dan warga global dalam umumnya.

Sebagai ideologi terbuka, Pancasila harus bersifat terbuka bagi perkembangan zaman, bersifat luwes/fleksibel agar dapat beradaptasi menggunakan perkembangan yg terdapat. Pancasila harus dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman. Keterbukaan bukan berarti membarui nilai-nilai dasar Pancasila, tetapi pada nilai-nilai instrumentalnya.

Beberapa faktor ini dia, yg mendorong pemikiran tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka, yaitu:
  1. Kenyataan hancurnya ideologi tertutup seperti komunisme/leninisme. Ideologi terbuka adalah ideologi yang bersifat bergerak maju menggunakan menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan sekitarnya. Adapun ideologi tertutup merupakan ideologi yg tidak aktif lantaran merasa sudah memiliki seluruh jaawaban terhadap kehidupan ini.
  2. Pengalaman sejarah politik kita sendiri pada masa lampau akibat dampak komunisme yg bersifat tertutup, sehingga menyebabkan Pancasila pernah merosot serta bersifat kaku.
  3. Setiap bangsa mempunyai tantangan dan pertarungan yang bhineka. Agar suatu bangsa senantiasa mampu menghadapi konflik yg terjadi, maka diharapkan suatu ideologi yang bisa mengikuti perkembangan zaman.
Demikian artikel mengenai kesimpulan Pancasila menjadi ideologi terbuka dengan penerangan yang aku rasa cukup lengkap, dimana artikel ini, adalah referensi dari buku pengayaan Kewarganegaraan buat siswa SMA/MA/SMK kelas XII Semester 1, semoga berguna

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru