Pengertian dan Sumber Sejarah

Setiap insan mempunyai sejarah, bahkan alam semesta pun punya sejarah bukan?.
Kemarin merupakan sejarah, lalu bagaimana sih pengertian sejarah dan asal sejarah itu?. Kata sejarah itu guys dari dair bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Nah apabila pohon itu kita jungkir balikan, maka kita dapat menghubungkannya dengan bentuk penggambaran silsilah keturunan atua berasal-usul keluarga raja, dinasti atau warga tertentu di masa lampau.

Dalam arti sempit atau simple nya guys, sejarah merupakan segala sesuatu yg terjadi pada masa lalu atau past. Sejarah dapat diartikan juga menjadi ilmu yang memeriksa insiden di masa lalu pada lingkungan kehidupan manusia melalui asal dan bukti sejarah baik tertulis atau benda-benda dan monumen-monumen sejarah. Singkatnya sejarah adalah segala sesuatu yang sudah dialami insan serta bisa dibuktikan menurut benda-benda atau peninggalan lainnya yg tertinggal.

Dengan menilik sejarah kita bisa menyelidiki kehidupan manusia di masa kemudian, kegiatannya, ekonomi, politik, bentuk bangunan, serta lainnya. Dengan sejarah kita sanggup belajar berdasarkan masa lalu supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama sehingga masa depan mampu lebih baik.

Untuk bisa mengetahui insiden di masa lampau ini guys, maka kita memerlukan banyak sekali macam asal. Ada sumber yang gampang diperoleh serta ada juga yang sulit guys. Berikut tiga maam asal sejarah:
a. Sumber mulut merupakan fakta berupa ucapan atau perkataan dari orang-orang yang mengalami peristiwa secara langsung atau sebagai saksi langsung menurut peristiwa itu.
b. Sumber tertulis adalah sumber yang berupa prasasti, dokumen, naskah, babad, rekaman, serta tulisa yg terdapat dalam benda misalnya batu, logam, kayu, bambu, gerabah, tulang, tanduk dan lontar.
c. Sumber benda merupakan asal berupa peninggalan sejarah maupun benda-benda budaya seperti kapak, gerabah, perhiasan, atua lainnya. Benda tadi didapatkan sang manusia di masa kemudian yg terbuat menurut batu serta logam.

Guys, sumber-sumber sejarah yg kita peroleh nir langsung dapat digunakan buat menilik sejarah. Banyak tahapan yg wajib dilalui sampai akhirnya sumber tersebut menjadi layak dijadikan referensi pada mengusut sejarah. Tahapan tersebut dikenal dengan pembuktian yaitu kritik asal yg terdiri dati kritik ekstern atau keaslian sumber dan kritik intern atau apakah sumber tersebut bonafide keabsahannya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI