Perkembangan Geografi Masa ke Masa

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang terus berkembang sepanjang masa. Perkembangan ilmu pengetahuan ini berawal berdasarkan motologi-mitologi  yg berkembang di rakyat dalam kala itu. Setelah itu seiring perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan hayati, manusia mulai melakukan penjelajahan ke berbagai tempat di muka bumi sehingga melahirkan catatan-catatan mengenai daerah yg disinggahi yg dinamakan logografi. Dari situlah ilmu geografi kemudian berkembang serta sampai saat ini menjadi bagian tidak terpisahkan menurut kehidupan manusia. Baca jua: Fungsi primer pembelajaran geografi jaman now

Istilah istilah geografi dikemukakan pertama kali oleh Erasthosthenes (276-195 SM), yg berarti geo = bumi dan graphein = citra, jadi geografi adalah gambaran tentang bumi. Sejarah perkembangan ilmu geografi dibedakan sebagai 5 pandangan:

Geografi Klasik
Geografi sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno dan pengetahuan mengenai bumi dalam masa itu masih dipengaruhi sang mitologi serta cerita rakyat. Pada awalnya ruang mukabumi banyak digambarkan oleh para pelancong, mereka menyebutkan pengalaman mereka waktu menemukan wilayah yang tidak sama dengan daerah asalnya. Beberapa tokoh geografi klasik antara lain: Amaximandaros, Thales, Herodotus, Eratosthenes, Ptolomeus.

Geografi Abad Pertengahan 
Pada akhir abad pertengahan, uraian-uraian mengenai geografi masih berisikan laporan perjalanan,baik hasil perjalanan darat maupun bahari. Pada abad ini motif para pelancong telah meliputi gold, glory, gospel. Pada masa ini banyak ditemukan daerah-wilayah baru. Masa ini seringkali disebut juga dengan  Revolusi Geografi. Beberapa tokoh geografi abad pertengahan diantaranya:  Marcopolo, Bartholomeus Diaz,  Vasco Da Gama, Columbus, Amerigo Vespucci dan Copernicus, Ibnu Khaldun. 

Baca jua:
Pengertian pendekatan ekologi
Dampak positif serta negatif pariwisata
Tujuan perencanaan wilayah 
Kelebihan quipper dibanding bimbel lain

Geografi Modern ( abad 18)
Pada masa ini geografi sudah dianggap suatu disiplin ilmu ilmiah dan sudah dicermati dari segi ilmu simpel. Beberapa tokoh geografi modern antara lain: Immanuel Kant, Alexander Van Humbolt, Karl Ritter, Charles Darwin.

Geografi Akhir abad ke 19- abad ke 20
Ciri pandangan geografi akhir abad ke 19 adalah terhadap iklim, flora, fauna dan terhadap bentang alam. Kebanyakan ahli geografi pada periode ini memperdalam geologi dalam penelitiannya serta kajian geografi manusia semakin berkurang. Beberapa tokoh geografi zaman ini adalah Fiederich Ratzel, Ferdinand Von Ritchoften, Hartshorne, Vidal De la Blache, Preston E. James, Frank Debenham.

Geografi Mutakhir
Perkembangan geografi ketika ini lebih menunjuk dalam upaya pemecahan perkara yg dihadapi manusia. Geografi tidak mampu lepas menurut ilmu lainnya serta sudah menggunakan metode kuantitatif serta peranti komputer dalm penyelidikannya. Tokohnya antara lain Wrigley, Peter Hagget. Baca jua: Konsep jagat raya mengembang


Dalam perkembangannya ilmu geografi dibagi sebagai dua paham yaitu fisis determinis  dan posibilism. Fisis determinis beranggapan bahawa kehidupan manusia ini sepenuhnya dikendalikan oleh faktor alam seperti iklim, cuaca dan lain sebagainya. Artinya paham fisis determinis menganggap insan sebagai mahluk yang pasif. Possibilism beranggapan bahwa faktor manusia lah yg paling dominan dalam kehidupan ini sebagai akibatnya faktor alam bisa disiasati sang perkembangan teknologi manusia. Artinya possibilsm  menganggap manusia sebagai mahluk yg aktif. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI