SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS CLASSROOM ACTION RESEARCH TERBARU


BAGIAN AWAL
·Halaman judul
·Halaman Pengesahan
Minimal yg wajib mengesahkan karya tulis ilmiah hasil penelitian ini merupakan kepala sekolah serta ketua bagian perpustakaan sekolah yg bersangkutan.
·Abstrak
Pada bagian ini dituliskan dengan ringkas serta jelas hal-hal utama mengenai (a) permasalahan khususnya rumusan masalah, (b) tujuan penelitian, (c) prosedur aplikasi PTk serta (d) output penelitian .
·Kata Pengantar
·Daftar Isi dan lampiran-lampiran

BAGIAN ISI:
BAB I :     PENDAHULUAN
A.Latar Belakang (diskripsi kasus, data awal yang mendukung adanya kasus dan akar timbulnya kasus dengan menunjukkan pada lokasi penelitian dan saat serta penjelasan pentingnya perkara itu dipecahkan;
B.rumusan Masalah (diperlukan kalimat Tanya);
C.Tujuan Penelitian; (sesuaikan dengan rumusan perkara)
D.Manfaat Penelitian; (sesuaikan dengan apa yg direncanakan pada proposal, namun peneliti bisa membuatkan)

BAB II :    LANDASAN TEORI
Kemukakan teori serta pustaka yg relevan, dan  memberi arah dan petunjuk pada pelaksanaan PTK. Diperlukan adanya bisnis untuk membentuk argumentasi teoritis yg menampakan bahwa tindakan yg diberikan dimungkinkan dapat menaikkan mutu proses pembelajaran pada klas. Pada akhir bab ini dapat ikemukakan hipotesis tindakan. Uraian dalam bab ini wajib lebih lengkap serta rinci dibanding dengan uraian yg terdapat dalam bab yang sama di usulan penelitian.

BAB III :  METODE PENELITIAN
Deskripsikan tiap daur penelitian yang memuat: rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantauan serta evaluasi beserta jenis instrument yg digunakan, serta cara refleksi. (perlu dibedakan pada usulan, isi apa yg akan dilaksanakan, sedang dalam laporan berisi apa yg sudah dilaksanakan). Pada tiap daur harus dikemukakan tindakan secara jelas, serta seluruh  jenis instrumen yang dipakai buat pengumpulan data. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional, feasible dan collaborative.

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Menyajikan uraian masing-masing daur dengan data lengkap, menyangkut aneka macam aspek yang terjadi dampak tindakan yg dilakukan. Tunjukkan adanya disparitas tindakan dengan kegiatan pelajaran yang biasa atau tak jarang dilakukan. Pada refleksi diakhir setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan grafik, dan kelemahan yang terjadi. Kemukakan ada perubahan/ kemajuan/ pemugaran yang terjadi dalam diri siswa, lingkungan kelas, pengajar sendiri, motivasi/minat belajar, serta hasil belajar. Kemukakan hasil dari holistik siklus ke pada ringkasan untuk bahan dasar analisis dan pembahasan. Bahan/data tersebut ditulis dalam bentuk tabel atau bagan sehingga akan memperjelas adanya perubahan yg terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.
BAB V :  KESIMPULAN DAN SARAN
Sajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sinkron dengan tujuan/kasus penelitian yang sudah disampaikan sebelumnya. Berikan saran tindak lanjut menurut simpulan yang diperoleh baik yg menyengkut segi positif juga negatifnya.

DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua asal pustaka yang digunakandalam penelitian menggunakan menggunakan system yang telah dibakukan secara konsisten.

Lampiran-lampiran:
Berisi rancangan materi/materi ajar, semua instrument penelitian, sampel jawaban siswa, dokumen/foto aktivitas, ijin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI