Sumberdaya Perairan Indonesia

Dasar pemikiran tentang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan dalam dasarnya lahir dari konsep ekologi. Awalnya ekologi diartikan menjadi ilmu yg menilik organisme pada habitatnya.
Seiring menggunakan perkembangan ilmu pengetahuan, definisi ekologi berkembang menjadi ilmu yang menilik hubungan timbal kembali antara organisme menggunakan organisme lainnya dalam lingkungannya. Di Indonesia pengaturan mengenai pengelolaan sumber daya alam diatur dalam UUD 45 Pasal 33 ayat 3yang berbunyi 
"Bumi, air serta kekayaan pada dalam bumi dikuasai sepenuhnya sang negara serta dikelola buat hajat hayati orang banyak".
Pembangunan berkelanjutan (suistanable development) bisa diartikan sebagai upaya pengeksploitasian dan pengekplorasian sumberdaya menggunakan tanpa mengurangi kebermanfaatannya pada masa yang akan datang. Indonesia adalah negara dengan taraf biodiversitas yang tinggi di global setelah Brazil. Kekayaan tadi harusnya dapat dimaksimalkan pengelolaannya agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Salah satu sumberdaya terbesar yang dimiliki Indonesia adalah sumberdaya perairan. Sumber daya perairan ini dapat berupa perairan darat dan bahari. Beberapa ekosistem perairan yg berpotensi untuk dijadikan asal pendapatan pada Indonesia diantaranya
  • Ekosistem terumbu karang
  • Ekosistem mangrove
  • Ekosistem muara pantai
  • Ekosistem padang lamun
  • Ekosistem rawa
  • Ekosistem sungai
  • Ekosistem danau
Itulah beberapa ekosistem perairan wajib dimanfaatkan buat peningkatan kesejahteraan rakyat. Setiap ekosistem memiliki ciri masing-masing serta jenis organisme yang tidak sinkron. Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia memiliki misi pada acara pengelolaan lingkungan hayati yaitu;
  1. mewujudkan kebijakan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hayati guna mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan.
  2. membangun koordinasi serta kemitraan para pemangku kepentingan pada pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam serta lingkungan hayati secara efisien, adil serta berkelanjutan.
  3. mewujudkan pencegahan kerusakan serta pengendalian pencemaran asal daya alam dan lingkungan hayati dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hayati.

Itulah beberapa ekosistem perairan yg potensial bagi pembangunan pada Indonesia. Semoga berguna.

Sumber serta Gambar:
Juknis SCBD Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru