Tugas Mandiri 2.1 Buku Paket PKN Kelas 12 Kurikulum 2018

Tugas Mandiri dua.1 Buku Paket PKN Halaman 41-43 Kelas 12 Kurikulum 2018
1.bacalah asal belajar lain, baik yang asal berdasarkan media cetak maupun online yang berkaitan menggunakan keuangan Negara. Carilah 3 pengertan keuangan Negara dari parapakar. Tuliskan pada tabel pada bawah ini dan presentasikan dihadapan teman-teman yg lain.

No.
Nama Pakar
Rumusan Pengertian Keuangan Negara
1.
Geodhart
Keseluruhan undang-undang yang ditetapkan secara periodik yang memeberi kekuasaan pemerintah buat melaksanakan pengeluaran tentang periode eksklusif dan menampakan indera pembiayaan yang diharapkan buat menutup pengeluaran tadi.
2.
Bambang Kusmato
Keuangan Negara mencerminkan kegiatan-kegiatan pemerintah, sedangkan aktivitas-kegiatan pemerintah itu sendiri berada pada sector publik (public sector), bukan berada pada sector swasta (private sector).
3.
Suparmoko
Keuangan Negara adalah studi mengenai efek-impak terhadap pencapaian tujuan-tujuan aktivitas ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga-harga, distribusi penghasilan yang lebih merata dan juga mempertinggi efisiensi serta penciptaan kesempatan kerja.
4.
M. Ichwan
Rencana aktivitas kuantitatif (menggunakan angka-angka yg diwujudkan dalam jumlah mata uang), yang akan dijalankan buat masa yang akan datang, lazimnya satu tahun yg akan tiba.
5.
M. Hadi
Semua hak dan kewajiban yg dapat dievaluasi dengan uang, demikian segala sesuata baik uang juga barang yg dapat dijadikan milik Negara, berhubungan dengan aplikasi hak serta kewajiban yg dimaksud.

2.Berdasarkan pengertian-pengertian keuangan negara tadi, simpulkanlah persamaan dan perbedaan rumusan pengertian keuangan negara yg diungkapkan sang para ahli yang kalian temukan. Kemudian, coba kalian rumuskan pengertian keuangan negara berdasarkan pemahaman kalian sendiri.

Pengertian menurut keuangan negara merupakan semua kekayaan negara termasuk pada dalamnyahak serta kewajiban yang timbul, baik kekayaan itu berada dalam pengelolaan bank-bank pemerintah, yayasan-yayasan pemerintah, menggunakan status hukum publik, ataupun privat, badan-badan bisnis Negara, dan badan bisnis lainnya dimana pemerintah memiliki kepentingan spesifik dan terikat pada perjanjian menggunakan pernyertaan pemerintah ataupun penunjukan pemerintah.

3.Jelaskanlah sumber-asal keuangan negara misalnya yg sudah disebutkan pada uraian materi sebelumnya. Tuliskanlah pada tabel di bawah ini!
No
Sumber keuangan negara
Pengertian/deskripsi
Contoh
1.
Pajak
Iuran harus yg dibayar kan oleh harus pajak berdasarkan kebiasaan- norma hokum tanpa mendapat balas jasa secara langsung
PPH, PPn, PBB dan Bea Materai
2.
Retrbusi
pembayaran yg dilakukan menggunakan tujuan mendapatkan fasilitas tertentu
Retribusi Parkir, Retribusi Galian Pasir
3.
Keuntungan BUMN/BUMD
Salah satu bentu kintervensi pemerintah buat menyediakan produk atau jasa yg berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, umumnya dapat mengontrol harga agar tidak dikendalikan oleh pasar / pemilik modal
Telkom, Bulog, Perusahaan Air Daerah
4.
Denda dan Sita
Bentuk penegakan disiplin serta karakter masyarakat dengan cara menaruh hukuman financial terhadap sebuah pelanggaran
Dendaketerlambatanpembayaran listrik
5.
Pencetakanuang
Bentukusahapemerintahuntukmemudahkantransaksi pada kalanganmasyarakat, di sampingitujumlahuangberedarjugabisamengendalikaninflasi
the Fed America mengeluarkankebijakanMoneterdenganmencetaklebihbanyak dolar
6.
Pinjaman
Bentuk aktivitas sebuah institusi keuangan pada menerima keutungan melalui hadiah pinjam anuang pada anggota / nasabahnya, yg akan dikembalikan bersama bunganya
Pinjaman usaha dari bank
7.
Sumbangan, hadiah, serta hibah
Bentuk hadiah yg tida kmengharuskanpenerimauntukmengembalikannya
Sumbangan kepadakorbanbanjir
8.
Penyelenggaraan undian berhadiah
Bentukkompetisiataukontes yg berhadiah, berusahamenarikperhatiandaripesertanya.
Undian Bank Mandiriberhadiah motor supra X

4.Dari berbagaisumber keuangan Negara yg disebutkandalam tabel tersebut, dalampandangan kalian, manakah yang menjadisumberkeuanganterbesarbagi Indonesia? Berikanalasannya.

Menurut aku Pajak merupakan sumber keuangan terbesar bagi Indonesia karen pajak diwajibkan bagi seluruh warga negara. Dengan penduduk lebih menurut 250 juta jiwa tentu saja itu sebagai asal pendapatan yg paling akbar. Belum lagi ditambahkan pajak-pajak perusahaan yg besar dan bea cukai.
Thanks to :

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI