JenisJenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan menurut aktivitas pembelajaran di kelas. Pemanfaatan media
pembelajaran yg sempurna akan menciptakan pemahaman siswa terhadap bahan ajar semakin tinggi. Media pembelajaran merupakan bagian berdasarkan indera penyampaian informasi pada siswa sehingga akan mendorong terjadinya proses belajar. Kemajuan teknologi yg pesat waktu ini di dunia pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberagaman jenis media pembelajaran itu sendiri. Secara umum dalam dasarnya media pembelajaran dapat dikategorikan ke pada tiga gerombolan besar yaitu: media cetak, media elektronik dan media realita.
1. Media cetak
Istilah media cetak dapat diartikan menjadi bahan yang diproduksi melalui percetakan profesional misalnya buku, majalah dan modul. Bahan tulisan yg difotokopi jua termasuk dalam media cetak. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada penggunaan media cetak, diantaranya:
  • Kelebihan: nisbi murah dalam segi pengadaan dan penggunaannya, dalam arti nir memerlukan peralatan spesifik. Selain itu media cetak mudah dibawa serta dipindahkan menurut satu tempat ke loka lain.
  • Kekurangan: cepat membosankan dan kurang memberikan suasana hayati bagi murid. Kualitas kertas kitab kadangkala kurang baik sehingga menurunkan minat baca anak.
2. Media Elektornik
Media eletronik dapat berarti segala sesuatu yang didapatkan dengan bantuan listrik misalnya: Slide presentasi, film, rekaman, overhead transparansi, tape video. Kelebihan serta kekurangan penggunaan media elektronika pada kegiatan belajar antara lain:
  • Kelebihan: dalam dasarnya media ini dapat menaruh perbedaan makna lebih hidup lantaran dapat menampilkan bunyi serta gambar berkecimpung sebagai akibatnya memerlihatkan suatu proses-proses keilmuan yang lebih konkret.
  • Kekurangan: media elektro memerlukan dukungan wahana dan prasarana spesifik misalnya listrik dan alat pendukung lain seperti personal komputer , proyektor, tape dan TV. Peralatan tersebut memerlukan porto yang relatif besar dan nir semua sekolah memiliki perlengkapan tadi. Dari aspek pemeliharaan, media elektro jua cenderung lebih mahal.
3. Media Realita
Adalah benda nyata pada lingkungan sekitar yang dipakai menjadi sumber belajar (kontekstual). Pemanfaatan media realita ini salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan observasi atau kegiatan outdoor learning. Pemanfaatan media ini sangat baik buat memerlihatkan kepada murid tentang syarat nyata sebuah kenyataan di lapangan menggunakan panca alat masing-masing. Beberapa kelebihan dan kekurangan dan media realita adalah:
  • Kelebihan: menaruh kesempatan maksimal pada anak didik untuk mengamati dan menganalisa lebih mendalam tentang hadirnya sebuah kenyataan pada situasi yang nyata. Selain itu media realita dapat mengoptimalkan kerja panca indera insan.
  • Kelemahan: membawa murid keluar kelas memiliki resiko besar misalnya kecelakaan selain itu porto yang diperlukan akan lebih akbar karena memerlukan transportasi. Selain itu objek realita nir bisa menampilkan seluruh sisi fenomena kehidupan contohnya bila ingin melihat organ tubuh insan, murid nir mampu pribadi melihatnya dan permanen membutuhkan gambar visual di kelas.
Dari penjelasan pada atas bisa ditarik konklusi bahwa penggunaan media belajar diubahsuaikan dengan bahan ajar yang disampaikan. Hal tersebut adalah kreatif guru masing-masing pada sekolah.


Sumber dan gambar:
Modul PLPG Guru.
Bimtek KTSP

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru