Klasifikasi ILmu Pengetahuan

Geografi adalah salah satu ilmu pengetahuan yg ada di bumi, lalu jika diklasifikasikan maka termasuk dalam kategori ilmu apa geografi itu?. Pengetahuan menjadi signifikasi jika disusun secara sistematis. Karena ketidakmapuan insan memahami pengetahuan yang terdapat dalam masa sekarang secara holistik serta agar berhemat ketika serta tenaga maka insan telah mengklasifikasikan pengetahuan ke pada sejumlah kategori tertentu. Menurut beberapa argumentasi, ilmu pengetahuan dalam arti luas dibedakan menjadi beberapa kategori menjadi berikut:

1. Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science) atau IPS yang membahas hubungan antar manusia sebagai mahluk sosial yg selanjutnya terdiri atas banyak sekali disiplin ilmu yaitu:
a. Psikologi, yaitu ilmu pengetahuan yg memeriksa proses mental dan tingkah laris.

b. Pendidikan, suatu perlakuan atau proses latihan yg terarah dan sistematis menuju ke suatu tujuan.
c. Antropologi, suatu ilmu yang mempelajari dari-usul serta perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan dan tingkah laris insan.
d. Etnologi, suatu studi mengenai sistem sosio-ekonomi dan pewarisan kebudayaan terutama keaslian kebudayaan dan faktor pertumbuhan perkembangan kebudayaan serta perubahannya.
e. Sejarah, suatu pencatatan peristiwa-peristiwa yg telah terjadi pada suatu bangsa, negara atau individu.
f. Ekonomi, suatu ilmu pengetahuan yg berkaitan dengan produksi, tukar-menukar barang dan pengelolaan dalam lingkup tempat tinggal tangga, perusahaan atau negara.
g. Sosiologi, suatu studi tentang tingkah laku sosial terutama mengenai dari-usul organisasi, institusi serta perkembangan masyarakat.
2. Ilmu Pengetahuan Alam (Natural Science) atau IPA, membahas mengenai alam semesta menggunakan semua isinya dan model disiplin ilmu nya yaitu:
a. Fisika, suatu ilmu yang mempelajari benda nir hayati atau mangkat dari aspek wujud dengan perubahan-perubahan yg bersifat sementara.
b. Kimia, suatu ilmu yang menilik benda hidup serta tidak hayati dari aspek susunan materi serta perubahan-perubahan yg bersifat tetap.
c. Biologi, merupakan ilmu yang mengusut mahluk hayati dan gejala-gejalanya dan memiliki cabang-cabang antara lain Botani, Paleontologi, Zoologi dan Fisiologi.
3. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (Earth Science and Space), yaitu ilmu pengetahuan yang membahas tentang bumi sebagai salah satu anggota tata surya serta ruang angkasa menggunakan benda angkasa lainnya. Earth Science mencakup:
a. Geologi, yaitu ilmu yang membahas struktur bumi yang dalma pembahasannya menggunakan dasar-dasar kimia dan fisika sebagai akibatnya mengusut struktur serta perubahan materi baik yg terdapat di bagian atas tanah maupun di perut bumi. Geologi juga mempunyai cabang antara lain Petrologi yang spesifik mengusut batuan, Vukanologi yang khusus menyelidiki kegunungapian, Mineralogi yang membahas bahan mineral galian menggunakan prinsip kimia ekamatra serta Kristalografi yg menelaah bentuk-bentuk kristal dari mineral.
b. Astronomi, yaitu ilmu yang membahas benda-benda ruang angkasa pada alam semesta.
c. Geografi, yaitu ilmu yang mempeljarai tanda-tanda pada permukaan bumi dan produk ekonomi sehubungan dengan mahluk hidup terutama insan. Geografi sebagai cabang ilmu pengetahuan menggabungkan informasi yg diperoleh dalam seluruh cabang lain sehingga adalah ilmu pengetahuan yg dapat digunakan manusua buat memecahkan masalah yang dihadapi dalam rangka adaptasi manusia dengan lingkungan pada konteks ruang permukaan bumi.

Sumber dan Gambar:

disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI