Pencairan Tunjangan Profesi Guru Non PNS Dipercepat


Tunjangan profesi guru (TPG)triwulan keempat dipercepat pencairannya.mulai Senin (14/11) Kemendikbudmulai mencairkan TPG buat pengajar-pengajar non PNS. Sementara alokasi TPG buat guruPNS sebagai urusan pemerintah daerah.

Dirjen Pengajar serta Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranatamengatakan, Kemendikbud memang sengaja mempercepat pencairan TPG.kemendikbud sejatinya bisa sajamembayar TPG pada Desember nanti.sebab pembayaran triwulan keempatini buat periode Oktober-Desember.

Pejabat yg akrab disapa Pranata itu berkata spesifik TPG untuk guru-pengajar nonPNS uangnya ada pada Kemendikbud.

’’Tahun ini anggarannya Rp 6triliun,’’ ucapnya pada Jakarta kemarin.total anggaran itu dicairkan dalamempat gelombang, masing-masing lebih kurang Rp 1,5 triliun.

Pranata menuturkan Kemendikbud sengaja mempercepat pencairan TPG triwulankeempat.alasannya adalah buat menjadipercontohan bagi pemerintah kabupaten serta kota.dia berharap pemda secepatnyamemproses pencairan TPG triwulan ketiga buat seluruh PNS yang berhak mendapat.
Pejabat yg hobi makan durian itu menuturkan, pemerintah sudah menetapkanbatas waktu pencairan TPG bagi guru PNS. Yakni hingga 16 Desember nanti.

Dia berharap aturan itu ditepatioleh pemerintah wilayah. Pranata mengungkapkan tahun ini anggaran TPG secarakeseluruhan mencapai Rp 69 triliun.
Pengamat pendidikan Indra Charismiadji berharap pemda sanggup mencontohKemendikbud.

’’Tetapi pengalaman yangsudah-telah, pemda itu umumnya lambat mencairkan TPG,’’ paparnya.
Diantara alasannya adalah merupakan ada pemdayang meminjam dulu aturan TPG buat keperluan lainnya. Apalagi tahun ini adaprogram penghematan aturan.
Sekjen Federasi Serikat Pengajar Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengapresiasiKemendikbud yang mempercepat pencairan TPG triwulan keempat.tetapi Retno tidak sanggup menutup matabahwa birokrasi Pemerintah Daerah buat pencairan TPG itu lelet dan cenderung bandel.

’’Karena Pemerintah Daerah tidak dapat apa-apadari TPG,’’ ujarnya.
Retno mencontohkan pada DKI Jakarta saja, yg dekat dengan kantor Kemendikbud,pencairan TPG selalu pada akhir periode.

Setelah daerah-daerah lain selesaimencairkan TPG, pengajar di DKI Jakarta baru memperoleh TPG.saat ini pemda yg sudahmencairkan TPG untuk guru PNS adalah Kabupaten Purbalingga.

Dia berharap Pemerintah Daerah lain menyusul upaya Kabupaten Purbalingga yang sudah mulaimencairkan TPG triwulan keempat.

’’Guru di Purbalingga pastingabarin guru di daerah lain. Nanti pengajar pada wilayah lain akan menuntut pencairanke pemkab masing-masing,’’ urainya.
Sumber : jpnn.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI