Potensi Fisik Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yg terletak di wilayah ekuator nan mempesona. Sebagai sebuah negara kepulauan, negara ini memiliki potensi fisik juga non fisik yang sangat melimpah serta jika didayagunakan dengan aporisma akan berdampak pada kemajuan serta kesejahteraan warga . Pada postingan ini akan dibagikan mengenai potensi fisik Indonesia yang melimpah. Berikut ini beberapa potensi fisik Indonesia:

Baca jua:

Masalah generik kota di Indonesia
Klasifikasi awan menurut bentuk serta ketinggian
Kelas kemampuan huma menurut USDA

1. Lokasi dan Bentuk Negara
Menurut aspek lokasi, Indonesia berada  di daerah ekuator dan diapit oleh 2 daratan benua yaitu Asia dan Australia serta dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik. Lalu apa dampaknya bagi Indonesia? Kondisi ini menciptakan Indonesia berada dalam posisi strategis serta diuntungkan dalam segala hal khususnya bidang politik serta perdagangan dunia.  Indonesia juga adalah negara yg tersusun atas deretan pulau berdasarkan barat ke timur serta utara ke selatan. Panjang garis pantai Indonesia mencapai 99 ribu km dan termasuk yg terpanjang di global sesudah Kanada. Diantara pulau tadi dipisahkan sang laut dangkal kecuali Laut Banda yg didalamnya menyimpan keanekaragaman hayati yg melimpah mulai menurut ikan kecil, ikan besar sampai terumbu karang.
2. Cuaca serta Iklim
Karena berada di ekuator maka Indonesia termasuk ke dalam iklim tropis dengan curah hujan rata homogen tinggi, sinar surya sepanjang tahun dan kelembaban tinggi. Indonesia memiliki 324 pola curah hujan lantaran beragam faktor misalnya ketinggian, jeda menggunakan laut, angin muson dan lainnya. Curah hujan yang relatif tinggi menciptakan Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati berdasarkan mulai dataran rendah sampai dataran tinggi. 
3. Kondisi Geomorfologi
Akibat kombinasi gaya endogen serta eksogen, wilayah Indonesia sangat kaya akan bentuk-bentuk morfologi mulai berdasarkan dataran rendah, dataran tinggi, patahan, lipatan, pantai, rawa dan lainnya. Kondisi tadi berpengaruh terhadap variasi keanekaragaman hayati dan budaya manusia yang hidup di atasnya. Baca jua: Jenis-jenis gumuk pasir



4. Bahan Galian
Karena berada di daerah lempeng aktif, banyak sekali bahan galian irit banyak terbentuk pada dalam perut bumi Indonesia mulai dari emas, minyak, intan, timah, batubara serta lainnya. 
5. Gunung Api
Berada pada sabuk Ring of Fire menciptakan Indonesia kaya akan gunung api disetiap pulaunya. Gunung api ini menjadi sumber tenaga serta kehidupan rakyat di sekitarnya. Contoh gunung api terkenal pada Indonesia yaitu Merapi, Tangkubanperahu, Bromo dan Rinjani.

Baca jua:  

Sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan
Kode promo quipper video terkini
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru