Syarat Peta Yang Baik

Peta adalah gambaran sebagian atau semua bagian atas bumi pada bentuk datar dan diperkecil dengan skala eksklusif. Saat ini, penggunaan peta sudah sangat masif serta tidak ada manusia yang tidak membutuhkan peta. Semua aplikasi ponsel smartphone pasti disuntik dengan peta digital. Itulah mengapa peta sebagai indera bantu utama ilmu geografi sebagai sebuah kebutuhan di era terkini ketika ini. Tapi tahukan engkau bahwa membuat peta itu tidak boleh sembarangan lho!. Ada kondisi yang harus dipenuhi agar peta tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik serta dibaca sang penggunanya. Berikut merupakan kondisi-syarat sebuah peta yang baik:
1. Conform
Artinya bentuk di peta harus sama dengan bentuk di kenyataan sebenarnya. Misalnya adalah misalnya ini, bila pada fenomena pulau Sulawesi itu bentuknya menyerupai alfabet K maka waktu digambarka dalam peta maka bentuknya pun harus sama. Kalaupun terdapat penyimpangan harus diminimalisir sekecil mungkin. Jangan sampai nantinya pulau Sulawesi berubah sebagai misalnya alfabet S misalnya.
2. Equidistant
Artinya jeda pada peta harus sama dengan jeda di lapangan selesainya dikalikan skala. Contohnya misalnya ini, apabila jeda Bandung -Jakarta pada kenyataannya merupakan 300 km maka saat dipetakan, jarak antar kedua peta tersebut wajib sama ketika diukur dengan skala. Tidak boleh nantinya jeda kedua kota tadi menjadi 500 km contohnya, terlalu akbar distorsinya.
3. Equivalent
Artinya luas pada peta wajib sama dengan luas sebenarnya. Contohnya bila luas pulau Papua pada fenomena merupakan 1.000 km persegi maka di peta pula ukuran luasnya wajib sama serta tidak terlalu jauh tidak sama saat dikalikan skala.

Memang tidak semua unsur di atas bisa terpenuhi pada sebuah peta. Ada peta yg hanya penekanan pada conform serta ekuidistant ada pula yg hanya fokus pada conform saja. Semua karena tergantung dalam proyeksi peta masing-masing. Untuk mengetahui jenis proyeksi peta simak ulasannya pada artikel berikut: Baca: Jenis-Jenis Proyeksi Peta

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru