METODE DEMONTRASI TERBARU

Pengertian atau Definisi MetodeDemonstrasi
Metode demonstrasi   merupakan metode mengajar yang sangat efektif,karena membantu para siswa buat mencari jawaban menggunakan usaha sendiriberdasarkan informasi yg benar. Demonstrasiyang dimaksud artinya suatu metodemengajar yg menerangkan bagaimana proses terjadinya sesuatu
Demonstrasi adalahperagaan atau pertunjukan buat menampilkan suatu proses terjadinya insiden.menurut Rusminiati (2007: dua) metode demonstrasiadalah pertunjukan mengenai proses terjadinya suatu peristiwa, pada sampaipenampilan tingkah laku yang dicontohkan supaya bisa dipahami peserta didik baiksecara nyata juga tiruan. Winarno (Moedjiono, 2018: 73) metode demonstrasi adalah adanya seorang pengajar, orang luar yangdiminta untuk memperlihatkan suatu proses pada semua kelas.


========================================


========================================

Syaiful,2008:210 menyatakan bahw Metode demonstrasiadalah pertunjukan mengenai proses terjadinya suatu insiden atau bendasampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan supaya dapat diketahui dandipahami sang peserta didik secara nyata atau tiruannya

Metode demonstrasi adalahsalah satu metode – untuk menunjukansiswa buat melihat apa yg dikerjakan. – Jadi demonstrasi adalah cara mengajar guru menggunakan membuktikan ataumemperlihatkan suatu proses sehingga anak didik bisa melihat, menghormati,mendengar, meraba-raba serta merasakan proses yang dipertunjukan oleh pengajar. (Drs. M. Subana serta Sunarti. 2018 : 110- 112).
MenurutMuhibbin Syah (2000:22).Metode demonstrasiadalah metode mengajar dengancara memperagakan barang, insiden, anggaran, serta urutan melakukan suatukegiatan, baik secara pribadi maupun melalui penggunaan media pengajaran yangrelevan menggunakan pokok bahasan atau materi yg sedang tersaji”

Sedangkanmenurut Aminuddin Rasyad (2006: 8) mengemukakan metode demonstrasi adalah cara pembelajaran menggunakan meragakan,mempertunjukkan atau menampakan sesuatu di hadapan siswa pada kelas atau diluar kelas.

Metode demonstrasi adalahsuatu cara mengajar menggunakan mempertunjukan suatu benda atau cara kerja sesuatu.benda itu berupa benda sebenarnya atau suatu model. Hal-hal lain yang dapatdipertunjukan merupakan cara memakai alat atau serangkaian percobaan yangterakhir ini dilakukan bila alat-indera yg digunakan itu jumlahnya tidakmemadai atau percobaan itu mengandung hal-hal yg berbahaya atau ada alat yangmudah pecah. Dalam metode ini antaralain bisa dikembangkan kemampuan murid buat mengamati, menggolongkan, menarikkesimpulan, menerapkan konsep, prinsip atau prosedur dan mengkomunikasikannyakepada anak didik-anak didik lain. Demonstrasi dapatdilakukan sang guru atau murid yg telah dilatih sebalumnya. (Depdikbud 1994/1995 : 50-51).
Metode  demontrasi  jua adalah  metode  mengajar yg  cukup  efektif karena membantu  para  siswa buat  memperoleh  jawaban dengan mengamati suatu proses atau insiden eksklusif. 

Ciri-Ciri Metode Demonstrasi

1)Gurumelakukan percobaan.
2)Bertujuanagar anak didik mampu tahu cara mengatur atau menyusun sesuatu.
3)Bilasiswa melakukan sendiri demonstrasi, mereka akan lebih berhasil, lebih mengertidalam menggunakan sesuatu. Alat.
4)Siswadapat memilih dan memperbandingkan cara terbaik. ( Drs.M. Subana serta Sunarti.2008: 110-112).

Tujuan dan Manfaat MetodeDemonstrasi


AdapunTujuan pengunaan metode demonstrasi dalamkegiatan pembelajaran merupakan untuk menerangkan proses terjadinya suatuperistiwa sesuai bahan ajar, cara pencapaiannya serta kemudahan buat dipahamioleh siswa pada pengajarn kelas. Metodedemonstrasi mempunyai beberapa kelebihan dan kelekurangan.

Metode demonstrasi sangatbaik dipakai buat menerima deskripsi atau gambaran yg lebih jelastentang hal-hal yang herbi proes mengatur sesuatu, proses membuatsesuatu, proses bekerjanya sesuatu proses mengerjakan atau menggunakannya,komponen-komponen yg membangun sesuatu, membandingkan suatu cara engan caralain dan buat mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu.  Dengan demikianmanfaaat penerapan metode demonstrasi adalahuntuk 1) Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan; dua) Proses belajar siswa lebihterarah pada materi yang sedang dipelajari; 3) Pengalaman serta kesan sebagaihasil pembelajaran lebih inheren pada diri anak didik. 

Cara Penyajian Metode Demonstrasi

Demonstrasi dapatdilakukan menggunakan menunjukkan benda baik yg sebenarnya, contoh, maupuntiruannya serta disertai menggunakan penjelasan ekspresi. Demonstrasi akan menjadi aktif bila dilakukan dengan baik sang gurudan selanjutnya dilakukan sang siswa. Metodeini bisa dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akan dilakukanterus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.

Berikutini Cara Penyajian Metode Demonstrasi
1)Gurumenyusun tujuan instruktursional buat memberi motivasi yg kuat dalam siswauntuk belajar.
2)Gurumem pert 1 mbangkan bahwa pilihan teknik yg digunakannya mampu menjamintercapainya tujuan yg sudah dirumuskan.
3)Gurumengamati apakah jumlah siswa memberi kesempatan buat murid demonstrasi yang berhasil. Bila nir,is harus mengambil kebijaksanaan lain.
4)Gurumeneliti alai dan van yang akan dipakai tentang jumlah, kondisi, dantempatnya. Disamping itu, ia pula mengenal balk-balk atau mencoba terlebihdahulu agar demonstrasi yangdijalankannya dapat berhasil.
5)Gurumampu menentukan garis akbar langkah-langkah yang akan pada lakukan.
6)Gurumeyakini tersedia ketika yang relatif sehingga bisa memberi fakta bila perludan siswa sanggup bertanya.
7)Selamademonstrasi berlangsung guru harusmemberi kesempatan dalam murid buat mengamati menggunakan balk serta bertanya.
8)Guruperlu mengadakan penilaian apakah demonstrasiyang dilakukan itu berhasil. Bila perlu demonstrasi bisa diulang. ( Drs.M. Subana dan Sunarti. 2018:110-112).

Keuntungan/ Kelebihan MetodeDemontrasi

Berikutini Keuntungan/ Kelebihan MetodeDemontrasi

1)Perhatiansiswa lebih terpusat dalam pelajaran yg sedang diberikan.
2)Kesalahanyang terjadi bila dipelajaran ini diceramahkan bisa diatasi melalui pengamatandan contoh kongkret.
3)Kesanyang diterima siswa lebih mendalam dan tinggal lebih lama .
4)Siswadapat berpartisipasi aktif serta memperoleh pengalaman eksklusif serta dapatmengembangkan kecakapannya.
5)Menghindariverbalisme. 
6)Siswalebih mudah memahami apa yg dipelajari. 
7)Prosespengajaran lebih menarik.
8)Siswadirangsang buat aktif mengamati, menyesuaikan antara     teori dengan kenyataan dan mencobamelakukannya sendiri.
Kelemahan Metode Demonstrasi

Berikutini Kelemahan Metode Demonstrasi

1)Alatyang terlalu mini atau penempatan yang kurang tepat mengakibatkan demontrasitidak dapat dilihat oleh siswa.
2)Guruharus menjalankan kelangsungan demonstrasidengan bahasa clan suara yang dapat ditangkap sang murid.
3)Bilawaktu sempit, demontrasi akan berjalan terputus-putus atau dijalankantergesa-gesa sebagai akibatnya hasilnya tidak memuaskan.
4)Bilasiswa nir diikutsertakan, proses demonstrasiakan kurang dipahami. (M. Subana serta Sunarti, 2018:112)
5)Memerlukanketerampilan pengajar secara khusus. 
6)Membutuhkanfasilitas yang memadai (barang atau indera yg akan didemontrasikan). 
7)Membutuhkanwaktu yg lama . 

Metodedomonstrasi merupakan metodemengajar yg menyajikan bahan pelajaran menggunakan mempertunjukkan secara langsungobjeknya atau caranya melakukan sesuatu buat mempertunjukkan proses tertentu. Demonstrasi dapat digunakan dalam semuamata pelajaran. Dalam pelaksanaan demonstrasiguru harus telah konfiden bahwa semua anak didik bisa memperhatikan dan mengamatiterhadap objek yg akan didemonstrasikan. Sebelumnya proses demonstrasi guru sudah mempersiapkanalat – indera yg digunakan dalam demonstrasitersebut.
MenurutHasibuan serta Mujiono (2006: 31) langkah-langkah metode Pembelajaran demonstrasiadalah menjadi berikut:
1)Merumuskandengan kentara kecakapan dan atau keterampilan apa yg dibutuhkan dicapai olehsiswa sesudah demonstrasi itudilakukan.
2)Mempertimbangkandengan sungguh-sungguh, apakah metodeitu lumrah digunakan, dan apakah dia adalah metode yang paling efektif buat mencapai tujuan yg dirumuskan.
3)Alat-alatyang diharapkan buat demonstrasi itubisa didapat dengan mudah, serta telah dicoba terlebih dahulu agar waktudiadakan demonstrasi tidak gagal.
4)Jumlahsiswa memungkinkan buat diadakan demonstrasidengan jelas.
5)Menetapkangaris-garis akbar langkah-langkah yg akan dilaksanakan, usahakan sebelum demonstrasi dilakukan, telah dicobaterlebih dahulu agar nir gagal dalam waktunya.
6)Memperhitungkanwaktu yang diharapkan, apakah tersedia saat buat memberi kesempatan kepadasiswa mengajukan pertanyaanpertanyaan dan komentar selama dan sesudahdemonstrasi.
7)Selamademonstrasi berlangsung, hal-halyang wajib diperhatikan: a. Keterangan-warta bisa didengar dengan jelasoleh anak didik. B. Alat-alat sudah ditempatkan dalam posisi yg baik, sehinggasetiap anak didik bisa melihat menggunakan jelas. C. Telah disarankan kepada siswa untukmembuat catatan-catatan seperlunya.

Denganmemperhatikan Langkah pada Kegiatan Belajar Mengajar,  Langkah-langkah yg ditempuh dalammenggfunakan metode demonstrasi adalahsebagai berikut:
a.perencanaan

  1)Merumuskan tujuan yg kentara baik berdasarkan sudutkecakapan atau kegiatan yg diharapkan bisa ditempuh sehabis metode demonstrasi berakhir.
 dua)Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilaksanakan.
   3)Memperhitungkan waktu yg dibutuhkan.

b.pelaksanaan

    1)Memeriksa hal-hal di atas buat kesekiankalinya.  
    dua)Memulai demonstrasidengan menarik perhatian siswa.
   3)Mengingat utama-utama materi yg akandidemonstrasikan agar demonstrasi mencapaisasaran.
    4)Memperhatikan keadaan peserta didik, apakahsemuanya mengikuti demonstrasi denganbaik.
   5)Memberikan kesempatan kepada peserta didikuntuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yg dicermati serta didengarnyadalam bentuk mengajukan pertanyaan.
  6)Menghindari ketegangan, oleh karena itu guruhendaknya selalu membangun suasana yang serasi.

c. Penilaianatau Evaluasi

KegiatanPenilaian atau Evaluasi dalam  pembelajaranyang menggunakan metode demonstrasi berupapemberian tugas, misalnya menciptakan laporan, menjawab pertanyaan, mengadakanlatihan lebih lanjut. Selain itu, guru serta siswa mengadakan evaluasiterhadap demonstrasi yang dilakukan,apakah sudah berjalan efektif sesuai dengan yang dibutuhkan.

Hal-halyang perlu diperhatikan agar penerapan metodedemonstrasi dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut :
1)Persiapkanalat-alat yg dibutuhkan.
2)Gurumenjelaskan kepada anak-anak apa yang direncanakan serta apa yg akandikerjakan.
3)Gurumendemonstrasikan kepada anak-anak secara perlahan-lahan, dan memberikanpenjelasan yg relatif singkat.
4)Gurumengulang balik selangkah demi selangkah serta menyebutkan alasan alasan setiaplangkah.
5)Gurumenugaskan kepada siswa supaya melakukan demonstrasisendiri langkah demi langkah serta disertai penjelasan.







= Baca Juga =


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru